Menggunakan Kartu Kredit, Halal atau Haram?

            Dunia semakin hari semakin canggih. Kemana-kemana tidak perlu bawa urang cash, cukup dengan hanya bawa kartu saja, tapi yang jelas bukan kartu berobat, bukan juga kartu pelajar atau mahasiswa, tapi yang ini namanya kartu kredit.

      Mereka yang belanjanya dengan menggunakan kartu kredit sepertinya akan menambah wibawahnya sendiri, apalagi jika anak muda yag memakainya, bisa-bisa penulis harus guling-guling lalu bilang "wow". Karena memang sepertinya tidak ada yang memakai itu kecuai mereka yang sudah masuk  katagori kaya.

            Namun, untuk belanja bakso yang ada dipojokan gang sana, sepertinya kartu kredit tidak berguna sama sekali, mana ada ada mas-mas yang jual bakso menerima pembayaran seperti itu, ada-ada mereka malah marah, karena mungkin anggapan mereka yang belanja seperti itu agak kurang waras, karena bayarnya bukan dengan uang, tapi dengan kartu.

            Akan tetapi, bagaimana gerangan tinjaun syari'ah terhadap hadirnya kartu kredit ini? Atau jangan-jangan ada anggapan bahwa tidak ada  pembahasannya, karena memang di zaman nabi tidak ada system seperti ini.

            Ternyata tidak demikian, syariah Islam itu akan terus berlaku hingga akhir zaman, dan kemaslahatan ajarannya akan selalu bisa mengiringi perkembangan zaman.

Fungsi Kartu Kredit

            Secara umum kartu redit memiliki dua fungsi:

Pertama: Fungsi Penarikan Uang Tunai

            Maksudnya adalah penarikan sejumlah uang melalui ATM, dimana bank penerbit kartu kredit tersebut memberikan pinjaman kepada pemilik kartu (nasabah), dengan syarat nasabah bisa mengembalikannya pada waktu yang sudah disepaki sebelumnya, dan biasanya bank akan menarik biaya dari setiap transaksi seperti ini, bisa tetap, bisa juga disesuaikan dengan rasio dari uang tunai yang ditarik.

Kedua: Fungsi Pembayaran Tagihan Barang atau Jasa

            Maksudnya adalah bank akan membayarkan setiap tagihan kepada pihak penjual yang mau menerima pembayran lewat kartu kredit, akan tetapi bank akan menagih pembayarannya kepada nasabah dalam waktu tertentu yang sudah disepakati.

            Sejatinya, pemilik kartu kreditnya adalah mereka yang berhutang dengan bank, hanya saja cara kerjanya tidak seperti berhutang seperti biasa, akan tetapi bank hanya diminta untuk membayarkan setiap tagihan kepada penjual yang mau menerima pembayaran lewat kartu kredit.

            Hanya saja dalam hal ini bank memungut komisi dari pihak pejual yang besarannya berkisar antara 1-8%, dan bank sama sekali tidak menarik komisi dari pembeli.

            Misalnya Pak Mahadhir berbelanja dengan harga Rp. 100.000,- untuk satu baju yang beliu sukai, lalau Pak Mahadhir melakukan pembayaran dengan menggunkan kartu kredit, maka dalam hal ini bank akan membayarkan harga barang yang tadi sudah dibeli oleh Pak Mahadhir ke rekening penjual dengan memotong komisi yang sudah disepaktinya sebelumnya dengan pihak penjual.

            Anggap saja komisinya 2% dari harga barang, jadi bank hanya membayarkan Rp. 98.000,- saja kepada pihak pembeli. Lalu kemudian bank mengaih kepada Pak Mahadhir sebesar Rp. 100,000,- sesuai dengan harga baju yang tadi beliau beli dalam waktu yang sudah disepakati. Dan biasanya tenggang waktunya berkisar antara 30-60 hari.

Hukum Menggunkan Kartu Kredit

            Dalam menentukan hukum dari kartu kredit seperti ini akan disesuaikan dengan aktivitas yang ada di dalamnya. Maka setidaknya hukumnya terbagi kedalam dua jenis:

1.      Halal

Hukumnya halal jika pada sa'at kesepakatn tidak ada akad persyaratan membayar uang denda sekian persen atas keterlambatan pelunasan. Karena memang persyaratan seperti ini adalah riba.

Jika ada seorang yang berhutang dengan Pak David sejumlah uang Rp. 1,000,000,- dalam jangka waktu 1 bulan uang tersebut harus sudah dikembalikan,  dan Pak David mensyaratkan adanya denda 2% dari hutang tersebut jika dalam waktu satu bulan itu belum bisa dilunasi. Hal seperti ini jelas ribanya, walaupun mereka yang melakukan akad ini sama-sama ridho. 

Mungkin qiyasnya adalah jika mereka yang berzina  sama-sama ridho, kira-kira hukumny apa? tetap saja hukum zinanya haram. Tidak ada ceritanya bahwa zina menjadi halal lantaran mereka yang melakukakannya sama-sama ridho. Pun begitu untuk setiap hal yang haram lainnya yang dalam hal ini adalah riba. 

Maka yang harus dilakukan sebenarnya adalah memberikan kemudahan bagi mereka yang tidak mampu membayar hutang pada waktunya dengan memberikan waktu tambahan tanpa adanya penambahan sama sekali. Yang dekian sesuia degan firman Allah SWT berikut:
وَإِنْ كَانَ ذُو عُسْرَةٍ فَنَظِرَةٌ إِلَى مَيْسَرَةٍ
"Dan jika (orang yang berhutang itu) dalam kesukaran, Maka berilah tangguh sampai Dia berkelapangan" (QS. Al-Baqarah: 280)

Adapun potongan komisi yang dilakuakn oleh bank kepada pihak penjual hukumnya mubah, yang demkian dalam istilah fiqih disebut dengan ujroh samsaroh (komisi perantara), dan ujroh samsaroh hukumnya mubah, baik potongannya tetap maupun  disesuaikan dengan  harga penjualan.

2.      Haram

Maka sebaliknya hukum menggunakan kartu ini haram jika dalam dalam aqad kesepakan adanya aqad penambahan jumlah hutang yang harus dibayarkan jika dalam waktu tertentu tidak bisa melunasinya, sesuai dengan contoh diatas tadi.

Yang jelas jika hutang bertambah dengan bertambahnya waktu pembayaran hukumnya adalah riba, dan riba jelas haramnya.

Wallahu A'lam Bisshowab

M. Saiyid Mahadhir

Share this article :
 

+ komentar + 15 komentar

26 Maret 2018 pukul 14.33

HAPPY TAHUN BARU SELAMAT TAHUN BARU SELAMAT TAHUN BARU
DARI-rossastanleyloancompany

Apakah Anda membutuhkan kredit yang mendesak?

* Sangat Cepat dan Transfer Instan ke rekening bank Anda
Bayar kembali bulan setelah Anda mendapatkan kredit Anda di bank Anda
akun bank
* Suku bunga rendah 2%
* Pengembalian jangka panjang (1-30) Panjang
* Pinjaman fleksibel dan gaji bulanan
*. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membiayai? Setelah mengajukan pinjaman
Anda mungkin mengharapkan jawaban awal kurang dari 24 jam
pembiayaan dalam 48 Jam setelah menerima informasi yang mereka butuhkan
Dari kuang Di perusahaan pinjaman ROSSA STANLEY, kami adalah perusahaan yang menyediakan fasilitas pinjaman untuk perusahaan, serius, korporat, hukum dan masyarakat dengan tingkat bunga 2%. Kami memiliki akses ke koleksi uang tunai untuk diberikan kepada perusahaan dan mereka yang memiliki rencana untuk memulai bisnis tidak peduli biaya kecil atau besar, kami menyediakan uang tunai. Yakinlah yang kesejahteraan dan Kenyamanan Anda adalah prioritas utama kami, di sini kami di sini untuk mengurus Anda.

Hubungi perusahaan pinjaman yang sah dan dapat dipercaya dengan track record layanan yang memberikan kebebasan finansial kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa.
Untuk informasi lebih lanjut dan pinjaman yang membutuhkan untuk membangun bisnis Anda, belilah rumah, beli mobil, liburan, hubungi kami via,

E-mail Resmi: rossastanleyloancompany@gmail.com
Instagram resmi: Rossamikefavor
Twitter resmi: Rossastanlyloan
Facebook resmi: rossa stanley mendukung
CSN: +12133153118
untuk respon cepat dan cepat.
Silahkan mengisi aplikasi di bawah ini dan kami akan memanggil Anda lagi, Kami tersedia 24/7

DATA PEMOHON

1) Nama Lengkap:

2) Negara:

3) Alamat:

4) Jenis Kelamin:

5) Status Perkawinan:

6) Pekerjaan:

7) Nomor Telepon:

8) Posisi saat bekerja:

9) Penghasilan Bulanan:

10) Tingkat Pinjaman yang Dibutuhkan:

11) Durasi Pinjaman:

12) nama facebook:

13) nomor Whatsapp:

14) Agama:

15) Tanggal lahir:

SALAM,
Mrs.Rossa Stanley Favor
ROSSASTANLEYLOANCOMPANY
Email rossastanleyloancompany@gmail.com

9 Mei 2018 pukul 16.25

KABAR BAIK

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Kandice, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (lenduploancompany@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (kandicejen@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

9 September 2018 pukul 08.48

Halo,
Nama saya Ayu Ahmed, warga negara Indonesia, dari kota Yogyakarta. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan rekomendasi krusial bagi semua warga negara Indonesia di mana untuk mencari pinjaman menjadi sangat hati-hati karena internet dipenuhi dengan penipu, beberapa bulan yang lalu saya sangat membutuhkan pinjaman, karena situasi keuangan saya tidak terlalu baik dan putus asa aku jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, saudi arabia. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya merujuk saya kepada pemberi pinjaman yang sangat bisa diandalkan yang disebut Mrs. Mary William, pemilik organisasi kredit global, dia adalah pemberi pinjaman Asli; Saya menelepon dan dia meminjamkan jumlah pinjaman dari Rp 555.000.000,00 dalam waktu kurang dari 12 jam perawatan dengan tingkat bunga 2% dan mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

jadi ini pekerjaan yang baik dari Ibu Mary William dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk mengingatkan dan membagikan kesaksian saya tentang Ny. Mary, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apa pun, silakan hubungi Ms. Mary William melalui email: marywilliam902@gmail.com dan Nomor Whatsapp-nya (+1 850- 677-1763)

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ayuahmed180@gmail.com dan Miss Ruth yang memperkenalkan saya dan memberi tahu saya tentang Mrs. Mary, Dia juga menerima pinjaman dari Ibu Mary. Anda juga dapat menghubunginya melalui emailnya: ruthedwin98@gmail.com Sekarang, saya adalah seorang pemilik bisnis wanita yang baik dan hebat di kota saya, Semoga Tuhan terus memberkati Ibu Mary William untuk pekerjaan yang baik dalam hidup saya dan keluarga saya.

15 September 2018 pukul 18.58

Selamat siang, semua orang saya Afrill Bafadal dari Kota Indonesia. Saya ingin berbagi kisah sukses besar yang terjadi dalam hidup saya kepada semua orang untuk mengetahui bahwa dalam hidup Anda, Anda mungkin memiliki waktu yang buruk. dari pengalaman hidup saya, saya ingin mengucapkan terima kasih (CATHERINE WILLIAM LOAN COMPANY) atas kebaikan, ketulusan, kesetiaan dan kejujuran dalam hidup saya. Baru beberapa bulan yang lalu, saya mencari pinjaman sebesar Rp. 300.000.000 juta karena saya kehabisan uang untuk bisnis saya dan saya tidak dapat membayar tagihan dan pekerja saya lagi. Saya ditipu Rp20, juta penipuan ATM palsu dan saya memutuskan untuk tidak terlibat dalam bisnis seperti itu lagi. Saya tidak pernah tahu bahwa perusahaan nyata seperti (CATHERINE WILLIAM LOAN COMPANY) masih ada di dunia ini sampai mantan rekan saya (Ny. Barokah Surya) memberi tahu saya tentang perusahaan yang mengakui pinjaman besar di AS. Saya memintanya untuk alamat yang dia katakan kepada saya tetapi memiliki email (catherinewilliamloamcompany@gmail.com) karena penampilan saya dan tindakan saya dia meyakinkan saya bahwa jika saya mendaftar saya akan memberikan kredit untuk bisnis pada awalnya saya berdebat dengannya saya meyakinkannya ketika dia bilang saya tahu bahwa uang yang kita bayar utang dan memulai bisnis adalah dari ((CATHERINE WILLIAM LOAN COMPANY)) yang merupakan perusahaan asli, meskipun saya tidak pernah mempercayainya, saya melakukan eksperimen dan saya senang saya melakukannya, Saya diberi pinjaman sebesar Rp. 300.000.000 juta, oleh perusahaan ini ((CATHERINE WILLIAM LOAN COMPANY)) setelah saya membayar lisensi pinjaman dan biaya transfer Jika Anda membutuhkan pinjaman keuangan atau keuangan yang sah dan otentik dan Anda dapat dipercaya, dapat dipercaya dan dapat membayar kembali ketika dana jatuh tempo saya akan menjadi saran Anda harus menghubungi: (catherinewilliamloamcompany@gmail.com) dan Anda bebas melakukan penipuan di internet. Terima kasih (CATHERINE WILLIAM LOAN COMPANY) untuk memulihkan kehidupan bisnis saya. Apakah Anda dari Asia atau AS dan di luar mencari pinjaman yang sangat asli? Kisah sukses memiliki perubahan dengan (catherinewilliamloamcompany@gmail.com)

26 September 2018 pukul 19.05

KABAR BAIK!!!

Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

28 September 2018 pukul 17.01

APAKAH ANDA MEMBUTUHKAN:

· Pinjaman untuk investasi yang lebih besar?

· Pinjaman untuk ekspansi bisnis?

· Pinjaman untuk investasi baru?

· Pinjaman untuk melunasi utang dan tagihan jangka panjang?

· Apakah Anda memiliki kredit macet?

· Apakah bank Anda gagal?

kami adalah kreditor terkait dengan bank dan menjamin penawaran transparan, menawarkan pinjaman berbunga rendah (2%), tanpa jaminan dan jaminan. Kami di sini untuk mengakhiri kemiskinan dan pengangguran, karena setiap orang memiliki potensi dirinya sendiri. Hubungi kami hari ini dan Anda akan menjadi salah satu pelanggan kami yang terhormat. martharolandloancompany@gmail.com

Terima kasih

Mrs. Martha Roland.

Balasan:

5 Oktober 2018 pukul 21.36

Assalamualaikum


Calls Only::::{+12542276869}
WhatsApp Only::::{+33753893351}
Email:::::::{{aditya.aulia139@gmail.com}}
{{iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}}

Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan CREDIT UNION DAYA LESTARI via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

1 Februari 2019 pukul 00.33

Saya memiliki modal yang akan digunakan untuk memberikan pinjaman individu jangka pendek dan jangka panjang mulai dari 5.000 hingga 5.000.000 untuk setiap orang serius yang menginginkan pinjaman ini. Bunga 3% dalam tahun sesuai dengan jumlah yang dipinjamkan karena secara khusus saya tidak ingin melanggar undang-undang tentang riba. Anda dapat membayar maksimal 3 hingga 25 tahun tergantung pada jumlah yang dipinjamkan. Terserah Anda untuk melihat pembayaran bulanan. Saya hanya meminta pengakuan hutang tulisan tangan bersertifikat dan juga beberapa bagian untuk diberikan.Anda dilarang perbankan dilarang dan Anda tidak memiliki dukungan bank, atau lebih baik Anda memiliki proyek dan membutuhkan pembiayaan, kredit yang buruk atau perlu uang untuk membayar tagihan, dana untuk berinvestasi pada perusahaan.
Jadi, jika Anda membutuhkan kredit jangan ragu untuk menghubungi saya untuk mengetahui lebih lanjut tentang kondisi saya. Silakan hubungi saya langsung melalui Email: fredericoudea.pdg@gmail.com
PS: orang yang tidak serius abstain

7 Maret 2019 pukul 03.56

KABAR BAIK!!!

Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

17 Juni 2019 pukul 09.26

kesaksian nyata dan kabar baik !!!

Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.com
dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

Selamat siang pak / nyonya

Kami menyambut Anda ke PERUSAHAAN PINJAMAN ELIZEBETH ISAAC, di mana kami memberikan pinjaman asli dan serius seperti:



LAYANAN PINJAMAN TERSEDIA TERMASUK:
================================
* Pinjaman Komersial.
* Pinjaman pribadi.
* Pinjaman Bisnis.
* Pinjaman Investasi.
* Pinjaman Pembangunan.
* Pinjaman Akuisisi.
* Pinjaman konstruksi.
* Pinjaman Kartu Kredit
* Pinjaman Konsolidasi Utang
* Pinjaman bisnis dan lainnya:

Kami memberikan pinjaman bunga 2% tanpa agunan, sehingga kami dapat mengatakan bahwa kami memberikan PINJAMAN TANPA Agunan, Anda tidak perlu merasa buruk atau kecewa dengan bank yang meminta agunan, cukup hubungi kami dengan mengirim email kepada kami di:

elizebethisaac@gmail.com

Terima kasih

kami menunggu untuk mendengar dari Anda segera

13 Agustus 2019 pukul 20.50

KABAR BAIK,
  SEMUA PINJAMAN GLOBAL, inilah satu-satunya perusahaan pinjaman Asli yang diakreditasi oleh BANK DUNIA, Kami akan mengubah hidup Anda menjadi lebih baik, perusahaan pinjaman, Diberikan dan Berlisensi untuk menawarkan pinjaman kepada individu, perusahaan swasta dan orang yang membutuhkan bantuan keuangan dalam tingkat manfaat yang rendah sebanyak 2% dan Kami menerima pinjaman dalam bentuk apa pun.

Di sini, di SEMUA PINJAMAN GLOBAL, akan memberikan yang terbaik dari penghormatan kami kepada semua pelamar yang sah. Anda tidak akan kecewa dengan Kami dalam transaksi bisnis ini karena perusahaan kami akan memastikan pinjaman Anda sampai kepada Anda, jika itu tidak juga berakhir di sana, kami memiliki tim ekspatriat yang memahami undang-undang investasi, mereka akan membantu Anda, memberi Anda tips yang akan membantu Anda mengelola investasi tempat Anda menanamkan pinjaman, sehingga Anda tidak pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda dan penawaran luar biasa ini disertai dengan pinjaman Anda dan tidak dikenakan biaya, Hubungi kami hari ini melalui email allglobalgrantloan@gmail.com

29 Desember 2019 pukul 06.44

saudara-saudara
Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karenaa dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya

 .(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..«´ ONE BILLION RISING FUND¨`»(onebillionrisingfund@gmail.com)  
..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..BBM: D8E814FC

Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
Gmail saya adalah

Ratu Efendi Lisa
efendiqueenlisa@gmail.com   
Hubungi Says::+62 857 1997 9422
Whatsapp::+62 857 1997 9422

20 Januari 2020 pukul 16.34

KABAR BAIK !!! KABAR BAIK !!! KABAR BAIK!!!

Halo semua, nama saya Mrs. Arya Theresia, saya dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari MRS CHRISTY MORRIS LOAN FIRM karena begitu banyak pemberi pinjaman kredit palsu di sini di internet dan juga untuk memberi tahu Anda bahwa saya adalah korban penipu internet berkali-kali, jadi saya tidak kehilangan harapan sampai saya dirujuk oleh seorang teman ke pemberi pinjaman terpercaya bernama MRS. CHRISTY MORRIS yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp850.000,0000 dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan, saya sarankan CHRISTY MORRIS LOAN FIRM adalah yang terbaik dan saya berdoa Tuhan akan memberkati mereka dan menjaga bisnis mereka maju, Amin

Jika Anda memerlukan bantuan tentang cara mendapatkan pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (aryatheresia750@gmail.com)

Anda dapat menghubungi perusahaan secara langsung dengan pinjaman mereka
Email: (christymorrisloanfirm@gmail.com)
Terima kasih
Arya Theresia

24 Maret 2020 pukul 22.14

Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Saiyid Mahadhir - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger